Monday 26 December 2016

Tutorial / Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP PADA Microsoft EXCEL dengan Mudah


Tutorial / Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP PADA Microsoft EXCEL dengan Mudah




Bertemu lagi dengan Alfan Tutorial.
Pada pertemuan kali ini saya akan share dan berbagi cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP di Microsoft Excel baik MS Excel 2003,2007,2013,maupun 2016 dengan Mudah.
Langsung aja nih gaes.

Penggunaan Vlookup dan Hlookup sebenarnya hampir sama dengan fungsi IF pada MS Excel.
namun fungsi Vlookup dan Hlookup ini memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan fungsi IF ,karena fungsi Vlookup dan Hlookup ini bisa digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang memiliki jumlah data yang sangat banyak,oleh karena itu fungsi Vlookup dan Hlookup ini dapat meminimalisir kesalahan data.

Cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup.

  • Cara Menggunakan Rumus Fungsi VLOOKUP
RumusFungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal.
Sintaks Dasar Rumus VLOOKUP 
=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num)
Rumus Mudah VLOOKUP
=VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom)
Keterangan:
Nilai Kunci : Adalah nilai yang akan digunakan sebagai acuan data pada table vlookup
Letak tabel : Adalah  letak serta jangkauan dari table vlookup
nomor kolom: Adalah pada kolom ke berapa nilai data yang akan di ambil

  • Cara Menggunakan Rumus Fungsi HLOOKUP
RumusFungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format Horisontal.
Sintaks Dasar Rumus HLOOKUP 
=HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num)
Rumus Mudah HLOOKUP
=HLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor baris)
Keterangan:
Nilai Kunci : Adalah nilai yang akan digunakan sebagai acuan data pada table Hlookup
Letak tabel : Adalah  letak serta jangkauan dari table Hlookup
nomor baris: Adalah pada baris ke berapa nilai data yang akan di ambil

Contoh penerapan dan penggunaan fungsi rumus Vlookup dan Hlookup :

Penerapan Vlookup
Contoh kasuh kali ini adalah menentukan gaji sebuah karyawan berdasarkan golongan.dengan ketentuan:
Golongan 1A akan diberikan gaji sebesar Rp1.800.000
Golongan 1B akan diberikan gaji sebesar Rp1.500.000
Golongan 1C akan diberikan gaji sebesar Rp1.250.000

berikut tablenya:






Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel D5).
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:

=VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,2)
Keterangan:
B5 = Nilai kunci yaitu sebagai nilai acuan untuk menentukan data yang akan kita ambil.
$B$14:$E$16 = Letak tabel / Besar jangkaun tabel tujuan.
2 = nomor kolom gaji pokok pada Tabel Gaji.

Catatan :
karena posisi “Tabel Gaji” yang akan kita ambil nilainya berposisi tetap maka kita perlu mengabsolutkan sel/range data pada tabel tersebut dengan  tambahkan $ pada sebelum dan sesudah kolom ,atau cara mudahnya kita bisa menekan tombol F4 pada keyboard setelah menentekukan "Table_array" atau "Letak_Table".untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag formula.Lihat gambar dibawah:
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:
Lakukan hal yang sama pada kolom Tunjangan dan Transport.maka akan mendapatkan hasil sebagai berikut:
Rumus VLOOKUP Tunjangan:
Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel E5).kita tinggal sesuaikan nomor kolom .Pad Tabel Gaji, Tunjangan Berada pada kolom ke 3 .
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,3)
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:



Rumus VLOOKUP Transport:
Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel F5).kita tinggal sesuaikan nomor kolom .Pad Tabel Gaji, Tunjangan Berada pada kolom ke 4 .
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,4)
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:


Penerapan Hlookup
Pada contoh kali ini kita akan menentukan pajak gaji karyawan dengan menggunakan fungsi hlookup.
rumus pajak adalah = persentase pajak x gaji pokok.
lihat tabel berikut:
Kita bisa merumuskan fungsi HLOOKUP pada pajak sebagai berikut:
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=HLOOKUP(B5,$G$13:$I$14,2)*D5
Keteangan:
Keterangan:
B5 = Nilai kunci yaitu sebagai nilai acuan untuk menentukan data yang akan kita ambil.
$G$13:$I$14 = Letak tabel / Besar jangkaun tabel tujuan.
2 = nomor baris besar persentase pajak pada Tabel Potongan Pajak.
D5 = sel gaji pokok .

Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:

Sekian Tutorial / Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP PADA Microsoft EXCEL dengan Mudah. Semoga bermanfaat, Terimakasih Sudah berkunjung :)
Anda juga bisa download file excel tadi disini.











 




Share:

1 comment:

Total Pageviews

Powered by Blogger.

header

Labels

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.